Terawan Confused Archipelago Vaccine Research Questioned

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengaku kaget vaksin Nusantara yang dikembangkannya menjadi kontroversi di masyarakat. Bahkan, menurut dia, pengembangan vaksin Nusantara dilakukan semata-mata untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi virus corona (Covid-19).

Read more: Teenager Car Driver in Gunungkidul Hits 3 Motorcycles, 1 Dead

Menurut Terawan, pengembangan vaksin Nusantara seharusnya tidak menjadi masalah. Namun, diakuinya hal ini menjadi kontroversi karena aturan pembangunannya relatif baru. Berita Terkini

“Saya bingung inti masalahnya apa. Bagi kami sebagai peneliti, menurut kami tidak ada masalah. Selain itu, kami menggunakan aturan baru karena vaksin sel dendritik tidak pernah berhasil untuk Covid-19,” kata Terawan. kata saat rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Rabu (16/6).

Menurut Terawan, penyebaran virus corona (Covid-19) relatif baru. Oleh karena itu, pengembangan vaksin juga harus menggunakan aturan baru. Berita Hari ini

“Jadi jelas kita harus menggunakan aturan baru yang berbeda. Karena yang disuntikkan ke tubuh kita adalah sel dendritik kita, bukan orang lain,” katanya.

Terawan berharap pengembangan vaksin Nusantara tidak lagi menjadi perdebatan. Ia mengatakan yang terpenting saat itu adalah semua orang memiliki tujuan yang sama, yaitu mengakhiri pandemi Covid-19.

“Yang terpenting kita percaya bahwa semua orang punya niat baik, niat baik, dan saya percaya jika kita bersama, duduk bersama, kita bisa menyelesaikan pandemi ini dengan baik,” jelasnya. Berita Politik

Vaksin Nusantara diketahui kontroversial setelah tim peneliti melakukan proses pengambilan sampel darah dari berbagai pihak, termasuk anggota DPR, meski Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam hal itu saat ini belum memberikan izin. . untuk uji klinis fase II.

April lalu, akhirnya diputuskan uji coba vaksin Nusantara hanya untuk kepentingan penelitian dan pengabdian. Dengan kata lain, BPOM tidak memerlukan uji klinis vaksin untuk didistribusikan.

Semua pengawasan terkait penelitian dan pengadaan vaksin di nusantara sepenuhnya menjadi kewenangan Kementerian Kesehatan. Finance Solutions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *