Perlunya penundaan Pilkada 2020 terus muncul untuk mencegah penyebaran virus corona semakin masif

PBNU dan Muhammadiyah semuanya telah melobi pemerintah untuk menunda Pilkada 2020.

Namun, Presiden Jokowi belum sepakat untuk menunda Pilkada 2020. Juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, mengatakan Pilkada 2020 masih akan berlangsung pada Desember mendatang.

“Pelaksanaan Pilkada 2020 tetap sesuai rencana, pada 9 Desember 2020, dalam rangka pengamanan hak konstitusional rakyat, hak untuk dipilih dan hak pilih,” kata Fadjroel dalam sambutannya. keterangan diterima Kumparan, Senin (21/9).

Fadjroel mengatakan Jokowi tidak setuju Pilkada 2020 ditunda karena tidak ada negara yang bisa memprediksi kapan wabah korona akan berakhir.

“Presiden Joko Widodo menegaskan Pilkada tidak bisa menunggu pandemi berakhir, karena tidak ada negara yang tahu kapan pandemi COVID-19 akan berakhir,” ujarnya. Berita Terkini

Selain itu, kata Fadjroel, banyak negara lain di seluruh dunia masih mengadakan pemilihan selama pandemi mahkota. Menurutnya, Indonesia bisa mengambil contoh.

Read More: Keluarga Ungkap Kondisi Elvy Sukaesih Yang Dinyatakan Positif Covid-19

Presiden Komisaris Adhi Karya Fadjroel Rahman merilis siaran pers usai bertemu dengan Jokowi. Berita Politik

“Pilkada saat terjadi pandemi bukan tidak mungkin. Negara lain seperti Singapura, Jerman, Prancis, dan Korea Selatan juga menggelar pemilihan umum saat terjadi pandemi,” ujarnya.

Istana mengingatkan, yang terpenting protokol kesehatan harus diterapkan secara tegas di semua tahapan Pilkada 2020. Hal itu dilakukan untuk menghindari kemungkinan lonjakan difusi atau pengelompokan saat pemilu. Berita Hari ini

“Pilkada harus dijalankan dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat disertai penegakan hukum dan sanksi yang berat agar tidak terjadi pilkada rombongan baru,” ujarnya.

Fadjroel juga mengatakan Pilkada 2020 harus menjadi pendorong munculnya bentuk-bentuk dan inovasi baru bagi masyarakat agar bisa tumbuh bersama. Pilkada juga harus menjadi panggung ide dan tindakan untuk mengurangi dan memutus rantai penyebaran COVID-19. Finance Solutions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *