Mantan Duta Poker Boris Becker untuk Melayani Waktu Penjara karena Melanggar Perjanjian Kepailitan

Pengadilan Inggris telah memutuskan mantan juara tenis dan duta poker Boris Becker bersalah karena melanggar ketentuan perjanjian kebangkrutan yang dicapainya pada tahun 2017. Sebagai akibat dari tuduhan ini, Becker akan menghabiskan 30 bulan ke depan (dua setengah tahun) di Penjara. Namun, dia hanya akan melihat setengah dari waktu itu di balik jeruji; separuh lainnya akan berada di bawah tahanan rumah kecuali Becker melanggar ketentuan pembebasan itu. Dia akan kembali ke penjara jika itu terjadi.

Ditemukan Bersalah atas Empat Tuduhan

Hakim Deborah Taylor menjatuhkan hukuman kepada Becker atas empat tuduhan terkait dengan kasus 2017 itu. Becker dituduh menyembunyikan utang, penghapusan properti, dan dua tuduhan kegagalan untuk mengungkapkan aset. Dalam perkara kepailitan, hal-hal tersebut merupakan segmen-segmen penting, seolah-olah seseorang melindungi hartanya atau menyembunyikan harta benda lainnya, hal itu dapat mempengaruhi putusan pengadilan kepailitan.

Kasus ini bermula dari salah urus pinjaman yang diambil Becker untuk sebuah vila di Mallorca, Spanyol. Dia menggunakan vila itu untuk mendapatkan pinjaman £4 juta dari bank swasta Arbuthnot Latham. Becker diduga menggunakan uang itu untuk pembayaran tunjangan kepada istri pertamanya, Barbara Feltus, tetapi itu tidak cukup untuk mencegah serigala keuangan.

Hal ini menyebabkan pengadilan kebangkrutan di Inggris akhirnya membuat kesepakatan untuk meringankan utang Becker. Pada 2017, kasus itu diselesaikan, tetapi sejak kesepakatan itu dibuat, lebih banyak bukti telah diketahui. Penyelidikan tambahan mengungkap bukti bahwa juara tenis telah menyembunyikan banyak memorabilia tenisnya, termasuk piala, dari mata pengadilan pengesahan hakim dengan total $4,5 juta. Selain itu, Becker dituduh menyelundupkan sejumlah besar uang tunai di bank asing. Becker mencoba mengklaim bahwa dia tidak tahu di mana barang-barang dan rekening-rekening ini berada, tetapi pengadilan tidak mempercayainya, yang mengakibatkan dia dipenjarakan awal bulan ini.

Untuk tahun depan-plus, Becker akan memanggil rumah penjara Inggris karena pelanggarannya.

Dari Penthouse…

Dalam karirnya, Becker adalah pembangkit tenaga tenis. Dia akan memenangkan enam acara Grand Slam selama karirnya, termasuk Wimbledon tiga kali (kemenangan pertamanya saat berusia 17 tahun pada tahun 1985). Dia akan mendapatkan lebih dari $ 50 juta dari karir tenisnya sebelum pensiun pada 1999. Setelah pensiun, dia akan melatih profesional tenis Novak Djokovic saat ini, dengan duo ini memutuskan kemitraan mereka pada 2016.

Setelah pensiun dari tenis, Becker mencari hal-hal lain yang akan memicu semangat kompetitifnya. Pada tahun 2007, Becker menjadi Brand Ambassador dengan PokerStars, mengenakan Red Spade untuk banyak penampilan poker terbaiknya. Pada tahun 2009, ia akan menyelesaikan di tempat ke-40 di Kejuaraan Tur Poker Dunia di Bellagio di Las Vegas, mendapatkan skor terbesarnya yang pernah sedikit lebih dari $40K.

Becker akan memutuskan hubungan dengan PokerStars di pertengahan Remaja ketika perusahaan mulai beralih dari mensponsori atlet, pada saat itu ia pindah ke partypoker sebagai duta. Dari 2016 hingga pandemi COVID melanda, Becker dikaitkan dengan partypoker, tetapi ia gagal mendapatkan uang, menurut Basis Data Hendon Mob. Pada tahun 2020, dia menyatakan bahwa dia bermain “bersama dengan” King’s Casino di Rozvadov di GGPoker.

Untuk karir pokernya, Hendon Mob telah mendaftarkannya dengan tujuh uang tunai dari 2008 hingga 2016. Secara resmi, Becker tidak pernah membuat tabel final selama waktu sponsornya, finis ke-13 di Piala Devilfish 2016 di Nottingham yang berfungsi sebagai penyelesaian tertingginya. Secara keseluruhan, Becker hanya mendapatkan sedikit lebih dari $ 111.000 dalam upaya pokernya.