Inilah bukti bukti yang di keluarkan oleh pengacara Rizieq Shihab , Apa saja itu?

Tim kuasa hukum Muhammad Rizieq Shihab menghadirkan total 40 alat bukti tertulis dalam sidang praperadilan yang berlangsung di ruang utama PN Jakarta Selatan pada Rabu, 6 Januari 2020.

Kuasa hukum Habib Rizieq, Alamsyah Hanafiah, mengatakan 40 barang bukti itu termasuk pemberitahuan polisi atas ketetapan Rizieq tentang tersangka, yang diserahkan polisi kepada jaksa. Berita Terkini

“Top 40 itu termasuk surat pemberitahuan penetapan tersangka polisi ke Kejaksaan Agung,” kata Alamsyah Hanafiah kepada wartawan.

Alamsyah mengatakan, dalam kasus ini, pihaknya akan menguji dua perintah penyidikan tersebut dengan tanggal berbeda. Kemudian juga ada surat pemberitahuan sanksi administratif kepada FPI dan Habib Rizieq perihal massa.

“Ada surat pemberitahuan sanksi administratif untuk FPI dan Habib Rizieq tentang masalah kepadatan menghadiri Maulid Nabi yang menetapkan denda sebesar Rs 30 juta dan Rs 20 juta dengan total Rs 50 juta,” kata Alamsyah. Berita Hari ini

Karenanya, kata Alamsyah, dalam hal ini, jika kliennya sudah mendapat sanksi administratif, maka tidak bisa dijatuhi sanksi lain, seperti kurungan.

Artinya secara administratif dikenai sanksi, sudah dibayarkan. Makanya seseorang tidak boleh dihukum dua kali dalam kasus yang sama. Itu intinya, ”ujarnya. Berita Politik

Sebelumnya, Habib Rizieq Shihab telah mengajukan gugatan praperadilan dengan nomor registrasi 150 / Pid.Pra / 2020 / PN.Jkt.Sel. di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 4 Januari 2021. Gugatan diajukan terkait penetapan situasi tersangka Habib Rizieq dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan dan hasutan.

Read More: Inilah alasan mengapa harus rapid Antigen sebelum pergi liburan

Kondisi Habib Rizieq saat ini ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka. Dia resmi ditahan setelah diinterogasi lebih dari 12 jam pada Sabtu, 12 Desember 2020.

Selain menjalani Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, Habib Rizieq juga dikenakan Pasal 160 KUHP tentang penghasutan dan Pasal 216 KUHP tentang pemberantasan kewenangan umum. Finance Solutions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *