Inilah alasan mengapa harus rapid Antigen sebelum pergi liburan

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, pemerintah mewajibkan penumpang di pesawat, kapal, dan bus untuk menunjukkan hasil tes antigen cepat atau PCR negatif. Peraturan ini diberlakukan untuk mencegah penularan Covid-19 selama masa libur akhir tahun. Sebelumnya, orang yang ingin bepergian hanya harus menyertakan tes antibodi cepat dengan hasil yang tidak reaktif. Berita Terkini

Peraturan ini pertama kali diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Ia menyebut Jakarta dan Bali sebagai dua wilayah pertama yang membutuhkan penyeka antigen cepat dan PCR untuk masuk ke wilayahnya dan resmi berlaku pada 18 Desember 2020.

Kini, beberapa daerah sudah mulai memberlakukan kondisi serupa, seperti Yogyakarta Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Bagaimana dengan pengguna mobil pribadi?

Selain penumpang pesawat, kapal, dan bus, Pemprov DKI Jakarta juga akan membutuhkan antigen cepat bagi pengguna mobil pribadi. Meski begitu, pemerintah provinsi dan Kementerian Perhubungan terus menggodok regulasi yang komprehensif terkait hal ini. Berita Hari ini

Apa perbedaan antara penyeka antigen cepat dan PCR?

Guru Besar Mikrobiologi Klinik Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Amin Soebandrio. Ph.D, Sp.MK. mengatakan kedua istilah tersebut mengacu pada tes Covid-19 yang sama, yang melibatkan pengambilan sampel lendir dari dalam hidung. Perbedaannya adalah Rapid Antigen tidak menggunakan mesin PCR sebagai alat analisis. Berita Politik

Sedangkan yang membedakan antigen cepat dengan antibodi cepat yang digunakan sebelumnya adalah antibodi yang menggunakan sampel darah.

Read More: Menkes sedang meneliti soal varian baru virus Covid-19

Juru bicara Covid Working Group Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa antigen cepat ini merupakan standar pengujian yang telah mendapat pengakuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berapa banyak?

Dibandingkan dengan fast antibody, fast antigen sebenarnya lebih mahal. Namun, masyarakat tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena pemerintah telah menetapkan harga antigen rapid antigen paling mahal, yakni Rp 275.000. Finance Solutions

Harga tersebut bahkan lebih terjangkau dibandingkan PCR. Beberapa klinik, rumah sakit bahkan bandara juga sudah menyediakan layanan antigen cepat dengan harga mulai dari 170 lakh.

ASN DKI Pemprov telah melarang izin akhir tahun

Pemerintah DKI Jakarta telah mengeluarkan surat edaran larangan bagi pegawai negeri sipil (ASN) dan pegawai kontrak selama liburan Natal dan Tahun Baru. Larangan perizinan akan berlaku mulai 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Selain Jakarta, daerah lain seperti Tangsel juga telah memberlakukan peraturan serupa.

Alat pendeteksi korona GeNose UGM bisa dirilis bulan depan

Kabar baiknya datang dari dalam negeri. Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini sedang memproses izin distribusi GeNose. Alat pendeteksi Covid-19 yang dikembangkan peneliti UGM memiliki kemampuan mendeteksi Covid-19 dengan cepat di tubuh manusia. Tidak kurang dari dua menit Anda akan tahu apakah hasil tesnya positif atau negatif.

Selain cepat mendeteksi dan memiliki akurasi yang tinggi, alat ini dikatakan jauh lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan tes swab PCR. Unit GeNose, dengan perkiraan biaya Rs 40 juta, dapat digunakan untuk 100.000 inspeksi.

Taco Bell resmi dibuka di Indonesia

Taco Bell resmi membuka toko pertamanya di Indonesia pada hari Jumat 18 Desember 2020. Lokasi toko Taco Bell pertama berada di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. Taco Bell adalah jaringan makanan cepat saji di California Selatan yang menawarkan menu khas Meksiko.

Saat ini Taco Bell sudah berkunjung ke banyak negara, seperti Thailand, Filipina, Brazil, Jepang, Korea, India, Belanda, Amerika Serikat, Inggris Raya dan banyak negara lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *