COVID-19 in Jakarta is High, DPR Asks Anies to Implement Total PSBB

Kasus baru COVID-19 di Ibu Kota Jakarta terus memuncak dengan penambahan pada Minggu 20 Juni 2021 mencapai 5.582. Gubernur DKI Anies Baswedan diminta segera menuntut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Usulan ini disampaikan Wakil Ketua Komisi IX PDIP Fraksi PDIP Charles Honoris karena kasus COVID-19 di DKI mencapai rekor tertinggi selama pandemi sejak Maret 2020. Berita Terkini

“Pemprov DKI Jakarta mencatat jumlah harian Covid-19 selama dua hari berturut-turut, DKI mencatat rekor,” kata Charles, dalam keterangannya, Minggu, 20 Juni 2021.

Ia menambahkan, data kasus harian itu diperparah dengan tingkat hunian tempat tidur (BOR) fasilitas kesehatan DKI yang sudah di atas 80 persen. Charles mengatakan, kondisi ini jauh di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, yakni 60 persen. Berita Hari ini

“BOR RS Wisma Atlet bahkan mencapai 90%, tertinggi pada saat pendirian fasilitas kesehatan darurat. Hal ini menjadikan DKI sebagai provinsi dengan BOR fasilitas kesehatan tertinggi secara nasional, atau dengan kata lain terancam kolaps,” ujarnya.

Charles memperkirakan Jakarta tidak baik-baik saja dalam kondisi ini, tetapi sudah darurat. Baginya, tidak cukup jika Gubernur DKI Anies Baswedan hanya memperkuat penerapan aturan dengan menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat dalam skala mikro (PPKM).

“Gubernur DKI harus menerapkan PSBB penuh, seperti yang diterapkan di ibu kota pada 16 Maret 2020 dan 14 September 2020. Karena kondisi penularan COVID-19 di DKI saat ini lebih ketat dibandingkan kondisi sebelum pemberlakuan dua PSBB sebelumnya, “jelas Charles. Berita Politik

Meski begitu, dibandingkan PSBB terakhir di DKI pada 14 September 2020, kasus harian dan angka kematian sekitar 1.300 dengan 20 orang. Ini tiga kali lipat karena ada 4.800 kasus dan 60 orang.

Dari data tersebut terlihat jelas bahwa kondisi COVID-19 di DKI saat ini jauh lebih parah dan mengerikan dibandingkan kondisi sebelumnya, kata Charles.

Read More: Terawan Confused Archipelago Vaccine Research Questioned

Ia lalu mengenang kembali Anies segera menyerahkan PSBB penuh kepada pemerintah pusat untuk menekan penularan COVID-19. Hal itu dilakukan Anies pada dua PSBB sebelumnya di ibu kota.

“Kalau di awal pandemi, Gubernur Anies yang pertama dan rajin melakukan rem darurat untuk daerahnya, apa pertimbangan Anda sekarang Anies tidak melakukan hal yang sama, ketika Jakarta provinsi yang dipimpinnya kondisinya lebih parah. ? ?” kata Carlo. Finance Solutions

Sebelumnya, data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Covid-19 di Ibu Kota Jakarta kembali memecahkan rekor. Penambahan kasus harian pada Minggu 20 Juni 2021 mencapai 5.582. Angka harian ini lebih tinggi dibandingkan Sabtu 19 Juni 2021 sebanyak 4.895 kasus.

Dengan penambahan 5.582 kasus, total kasus sementara di ibu kota sejak awal pandemi meningkat menjadi 474.029. Kasus sembuh di Jakarta hari ini mencapai 2.457, sehingga total pasien sembuh menjadi 435.904.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *